Notification

×
Copyright © Best Viral Premium Blogger Templates

Iklan

Cuma Pakai HP Login Dtks Kemensos Bisa Dapat Rp300 Ribu, Cek Nama Anda Sekarang!

Gudang Mod
Jumat, 01 Januari 2021, 17.15 WIB Last Updated 2021-01-01T10:15:06Z

Cuma Pakai HP Login Dtks Kemensos Bisa Dapat Rp300 Ribu, Cek Nama Anda Sekarang!

GUDANGMODGACOR.COM - Program Keluarga Harapan dan Program Kartu Sembako atau Bantuan Pangan Non Tuntai (BNPT) Rp200 ribu untuk mengeceknya bisa Login dtks.kemensos.go.id
dengan NIK KTP. 

Untuk mengetahuinya  menerima atau tidak bantuan tersebut bisa melakukan pengecekan dengan bisa  dilakukan secara online menggunakan handphone atau HP, laptop, atau piranti lain yang terhubung dengan internet.

Bantuan tersebut rencananya akan cair di minggu pertama bulan Januari 2021 ini.

Menteri Sosial Tri Rismaharini rela tidak libur tahun baru untuk memastikan pencairan bantuan sosialatau bansos terlaksana pada minggu pertama bulan Januari 2021.

Mensos Risma menjelaskan, rencananya pihaknya akan menyalurkan bantuan ini pada 4 Januari 2021.

"Dengan PT POS mulai disalurkan pada 4 Januari (2021). Kita harap dalam satu minggu bisa selesai di seluruh Indonesia tapi memang ada yang khusus di Papua berbeda," kata Risma dalam konferensi pers di Kantor Presiden Jakarta, Selasa 29 Desember 2020.

“Kita tidak ada libur. Sesuai dengan instruksi Bapak Presiden, minggu pertama bulan Januari bantuan ini sudah bisa diberikan kepada penerima manfaat (KPM),” tambah Risma.

Masyarakat yang ingin mengetahui apakah mendapat bantuan ini atau tidak bisa cek online daftar penerima bansos BST ini menggunakan NIK KTP dengan cara sebagai berikut:
  1. Buka link https://dtks.kemensos.go.id/;
  2. Pilih ID, kamu bisa memilih salah satu identitas yang akan dicek (NIK, ID DTKS atau nomor PBI JK/KIS). Agar mudah, pilih NIK;
  3. Masukkan Nomor Induk Kependudukan (NIK);
  4. Masukkan nama sesuai Kartu Tanda Penduduk (KTP);
  5. Ketik ulang kode Captcha yang sesuai dengan tampilan;
  6. Klik kata 'cari' lalu akan muncul data apakah kamu penerima bantuan sosial bansos BST;
Selain Bansos sembako, ada beberapa Bansos lain yang juga akan dibagikan Kemensos pada masyarakat yang terkena dampak Covid-19 sebagai berikut :

1. Bantuan Pangan Non-Tunai (BPNT)

Bantuan ini untuk 18,8 juta penerima dengan indeks penerima manfaat adalah Rp200.000 per bulan untuk Januari sampai dengan Desember.

2. Program Bantuan Sosial Tunai (BST)

Tahun depan, pada 2021 ditargetkan untuk 10 juta orang penerima termasuk di Jabodetabek yang disalurkan oleh PT Pos Indonesia dengan indeks bantuan per bulannya adalah Rp300.000 bagi setiap penerima manfaat pada Januari-April 2021.

3. Program Keluarga Harapan (PKH)

Bantuan ini yang ditujukan untuk 10 juta penerima manfaat dengan penyalur bank himbara yang akan diberikan dalam 4 tahap yaitu Januari, April, Juli dan Oktober.

Menurut Risma, pembahasan berbagai skema dan data penerima bantuan untuk 2021 masih dalam proses finalisasi.

"Kenapa hampir, karena kita akan mengembalikan (data) hari ini ke daerah dan (data) itu harus kembali ke pemerintah pusat tanggal 1 Januari, 'Bu 1 Januari kita libur?' Kita nggak ada libur karena saya ingin menyampaikan sesuai dengan instruksi Bapak Presiden bahwa minggu pertama Januari bantuan ini sudah bisa diberikan kepada penerima manfaat bantuan," ujar Risma.

Risma juga mengatakan akan mulai memperbaiki sistem pemberian bantuan mulai Februari 2021.

"Karena Januari harus segera disalurkan maka pada bulan Februari ada mekanisme yang akan kita perbarui, yang lebih mudah namun kita lebih detail untuk melakukannya karena ada 'feedback', jadi bukan hanya kami memberikan bantuan tapi ada pelaporan untuk penerima bantuan," tutur Risma.

Risma berharap tidak ada lagi upaya memotong bantuan atau penyelewengan bantuan seperti yang terjadi di tahun 2020.***
Komentar

Tampilkan

  • Cuma Pakai HP Login Dtks Kemensos Bisa Dapat Rp300 Ribu, Cek Nama Anda Sekarang!
  • 0

Terkini

Topik Populer