Notification

×
Copyright © Best Viral Premium Blogger Templates

Iklan

RESMI DIUMUMKAN! Kartu Prakerja Akan Diperpanjang Hingga 2021, Berikut Syarat Daftar Untuk Gelombang 12

Gudang Mod
Kamis, 17 Desember 2020, 21.20 WIB Last Updated 2020-12-27T02:45:52Z

GUDANGMODGACOR.COM -
Airlangga Hartarto selaku Menteri Koordinator Bidang Perekonomian telah memastikan bahwa program Kartu Prakerja akan diteruskan hingga tahun 2021 mendatang serta Pendaftaran Kartu Prakerja gelombang 12 sudah resmi dibuka.

Seperti yang anda ketahui pada bulan Desember 2020 ini sudah menggelar program pendaftaran kartu prakerja hingga gelombang 11. Dari semua total tersebut sebanyak 5,9 juta masyarakat mendapatkan banyak manfaat dari program Kartu Prakerja, selain itu pendaftar dari gelombang pertama hingga ke 11 sudah mencapai lebih dari 42 juta.

Program kartu prakerja tersebut awalnya dirancang untuk dapat memfokuskan peningkatan kualitas dari SDM (Sumber Daya Manusia). Akan tetapi, dalam rangka untuk percepatan penanganan Covid-19 sudah dilakukan refocusing program kartu prakerja menjadi program semi bantuan sosial.

Pada tahun ini penyelenggaraan program kartu prakerja dengan menggunakan dana senilai Rp. 20 triliun, sedangkan untuk tahun depan program kartu prakerja tersebut juga kan diperpanjang akan tetapi dengan dana yang sudah direncanakan yaitu sebesar Rp. 10 triliun.

Bp Airlangga mengatakan "Tahun depan (2021) kita akan kembali ke dana 10 triliun karena program bantuan Pemerintah disesuaikan dengan situasi dan harapannya pandemi ini akan turun".

Kemudian Direktur Eksekutif Manajemen Pelaksana Kartu Prakerja Denni Puspa Purbasari mengatakan "Penerima program kartu prakerja hanya memiliki kesempatan satu kali. Artinya jika tahun ini sudah menerima manfaat dari program kartu prakerja, maka tahun depan tidak akan mendapatkan kembali program tersebut".

"Peserta yang sudah menerima bantuan untuk tahun ini tidak akan menerima lagi tahun depan. Kami kedepankan prinsip pemerataan" tutur Denni.

Berikut ini adalah syarat untuk mendaftar program kartu prakerja dikutip dari Pasal 2 Permenko Nomor 11 Tahun 2020, kartu prakerja akan diberikan kepada pencari kerja dengan detail sebagai berikut :
  1. Pekerja yang terkena PHK (Pemutusan Hubungan Kerja)
  2. Pekerja yang membutuhkan peningkatan kompetensi kerja seperti pekerja yang dirumahkan atau pekerja bukan penerima buruh salah satunya termasuk pelaku usaha mikro dan kecil
Cara mudah untuk mendaftar program kartu prakerja 2021 dengan memenuhi syarat sebagai berikut :
  1. WNI (Warga Negara Indonesia) dibuktikan dengan KTP (Kartu Tanda Penduduk)
  2. Memiliki usia minimal 18 tahun
  3. Tidak sedang dalam mengikuti pendidikan formal
  4. Warga yang tidak akan mendapatkan program bantuan kartu prakerja meliputi Pejabat Negara, DPRD, ASN (Aparatur Sipil Negara), TNI, POLRI, Kepala desa, perangkat desa, komisaris, direksi, dan pegawai BUMN BUMD
Cara mudah agar lolos dalam seleksi program bantuan kartu prakerja dengan mengetahui tata cara pendaftaran untuk program kartu prakerja Gelombang 11, meliputi :
  1. Masuk ke laman resmi prakerja.go.id
  2. Isikan nama lengkap, alamat e-mail, dan kata sandi
  3. Silahkan cek e-mail dikota masuk dari Kartu Prakerja untuk dilakukan aktivasi. Kemudian kembali lagi pada laman utama prakerja.go.id
  4. Masukan e-mail dan kata sandi yang sudah anda buat
  5. Masukan nomor KTP serta tanggal lahir
  6. Pilih tombol "Berikutnya"
  7. Isikan data diri pada form pengisian seperti nama lengkap, alamat e-mail, alamat tempat tinggal, alamat domisili, pendidikan, status pekerjaan, foto KTP, dan jika sudah silahkan pilih "Berikutnya"
  8. Masukan nomor telepon dan kode OTP yang dikirimkan melalui SMS dari Prakerja ke nomor anda.
  9. Melakukan pengisian tes motivasi selama 1 menit
  10. Tunggu email pemberitahuan setelah anda selesai mengerjakan tes
  11. Apabila anda sudah mendapatkan e-mail pemberitahuan, silahkan kembali pada laman utama prakerja.go.id serta pilih tulisan "gabung gelombang 12" (Apabila sudah dibuka)
Pemberian kartu prakerja tersebut diprioritaskan untuk calon penerima terdampak pandemi covid-19 serta yang belum menerima bantuan sosial selama masa pandemi. Untuk peserta yang lolos program Kartu Prakerja akan mendapatkan bantuan total sebesar Rp. 3,55 juta dengan rincian yaitu 1 juta untuk saldo pelatihan yang tidak dapat dicairkan, 600 ribu perbulan selama 4 kali (dapat dicairkan), dan 150 ribu dari survei.

Demikianlah informasi yang dapat Gudang Mod Gacor sampaikan tentang RESMI DIUMUMKAN! Kartu Prakerja Akan Diperpanjang Hingga 2021, Berikut Syarat Daftar Untuk Gelombang 12. Semoga informasi tersebut dapat menjadi bermanfaat untuk kita semua yang sedang membutuhkan. ***
Komentar

Tampilkan

  • RESMI DIUMUMKAN! Kartu Prakerja Akan Diperpanjang Hingga 2021, Berikut Syarat Daftar Untuk Gelombang 12
  • 0

Terkini

Topik Populer