Notification

×
Copyright © Best Viral Premium Blogger Templates

Iklan

INFORMASI TERBARU! Masyarakat Dapat BST Lagi Tahun 2021, Ini Kata Bu Risma Menteri Sosial

Gudang Mod
Kamis, 31 Desember 2020, 18.02 WIB Last Updated 2020-12-31T12:56:23Z

INFORMASI TERBARU! Masyarakat Dapat BST Lagi Tahun 2021, Ini Kata Bu Risma Menteri Sosial

GUDANGMODGACOR.COM - Menteri Sosial Risma mengatakan bahwa masyarakat akan kembali mendapatkan Bansos dalam bentuk tunai (BLT) pada Januari 2021, ini pernyataan selengkapnya.

Dalam rapat "Persiapan Penyaluran Bantuan Sosial Tahun 2021" yang dipimpin Presiden Joko Widodo, Selasa 29 Desember 2020. Diberitahukan bahwa Pemerintah akan mulai menyalurkan kembali berbagai skema bantuan sosial mulai 4 Januari 2021.

Selain Menteri Sosial, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy juga turut hadir di Kantor Presiden Jakarta.

"Adapun penggunaan untuk bantuan langsung tunai saya minta kepada keluarga penerima manfaat untuk mematuhi sesuai dengan pedoman yang telah diterbitkan oleh Kementerian Sosial antara lain untuk memenuhi kebutuhan yang berkaitan dengan masalah pangan," tambah Muhadjir.

Sejumlah bantuan yang akan disalurkan antara lain Bantuan Pangan Non-Tunai (BPNT) untuk 18,8 juta penerima dengan indeks penerima manfaat adalah Rp200.000 per bulan untuk Januari sampai dengan Desember.

Diketahui Kementerian Sosial memang mendapatkan pagu Rp128,927 triliun untuk program Perlindungan Sosial Pemulihan Ekonomi Nasional akibat COVID-19 dari total anggaran Rp695 triliun pada 2020 sedangkan pada APBN 2021, sektor perlindungan sosial mendapat anggaran senilai Rp408,8 triliun.

"Karena ini juga berkaitan dengan pergerakan ekonomi nasional karena itu kami harus kerja keras sehingga minggu pertama Januari yang untuk 2021 bisa segera tersampaikan kepada penerima bantuan," ungkap Risma.

Risma juga ingin memulai program pemberdayaan. Ia mengatakan bahwa selama ini pemerintah telah mencoba bagaimana bantuan itu mempunyai implikasi atau mempunyai dampak langsung yang terukur ke kesejahteraan masyarakat artinya ada mekanisme-mekanisme pembinaan yang harus dilakukan

Risma juga mengaku tidak bisa sendirian dalam mengerjakan hal itu, Kemensos akan menggandeng para petinggi daerah untuk menyukseskan program Bansos BLT ini.

"Kami akan gandeng gubernur, kepala daerah utamanya perguruan tinggi setempat yang mengetahui persis perkembangan di daerahnya," ungkap Risma.

Sejumlah bantuan yang akan disalurkan antara lain Bantuan Pangan Non-Tunai (BPNT) untuk 18,8 juta penerima dengan indeks penerima manfaat adalah Rp200.000 per bulan untuk Januari sampai dengan Desember.

Kemudian ada, Program Bantuan Sosial Tunai (BST) pada 2021 ditargetkan untuk 10 juta orang penerima termasuk di Jabodetabek yang disalurkan oleh PT Pos Indonesia dengan indeks bantuan per bulannya adalah Rp300.000 bagi setiap penerima manfaat pada Januari-April 2021.

Serta Program Keluarga Harapan (PKH) yang ditujukan untuk 10 juta penerima manfaat dengan penyalur bank himbara yang akan diberikan dalam 4 tahap yaitu Januari, April, Juli dan Oktober.

Source : ANTARA
Komentar

Tampilkan

  • INFORMASI TERBARU! Masyarakat Dapat BST Lagi Tahun 2021, Ini Kata Bu Risma Menteri Sosial
  • 0

Terkini

Topik Populer