Notification

×
Copyright © Best Viral Premium Blogger Templates

Iklan

Cek Nama Penerima Bantuan PIP Pemerintah Rp 1 Juta, Bisa Daftar Online Terbaru

Gudang Mod
Minggu, 20 Desember 2020, 17.51 WIB Last Updated 2020-12-27T02:45:52Z

Cek Nama Penerima Bantuan PIP Pemerintah Rp 1 Juta, Bisa Daftar Online Terbaru

GUDANGMODGACOR.COM - Bagi teman-teman siswa siswi berikut ini adalah cara daftar PIP (Program Indonesia Pintar) untuk tingkat SD, SMP, SMA agar mendapatkan bantuan senilai Rp 1 juta dari Kemdikbud yang sudah dijelaskan oleh Gudang Mod Gacor pada artikel sebelumnya. Silahkan simak dengan baik cara untuk mendapatkan bantuan PIP yakni dengan melakukan aktivasi KIP (Kartu Indonesia Pintar).

PIP penerima manfaat tersebut diberikan kepada siswa siswi tingkat SD, SMP, SMA agar terciptanya peningkatan taraf pendidikan sebagai contoh siswa dapat memenuhi kebutuhan untuk sekolah saat menerima bantuan PIP tersebut.

Berikut ini merupakan rincian besaran nilai bantuan dari masing-masing tingkat pendidikan, meliputi :
  1. Siswa siswi SD/MI/Paket A akan mendapatkan bantuan sebesar Rp 450/tahun
  2. Siswa siswi SMP/MTs/Paket B akan mendapatkan bantuan sebesar Rp 750/tahun
  3. Siswa siswi SMA/SMK/MA/Paket C mendapatkan bantuan sebesar Rp 1 juta/tahun
Bagi nama siswa siswi yang sudah mendapatkan bantuan PIP dari Kemdikbud, silahkan cek data anda terlebih dahulu yakni dengan cara mengakses laman PIP Kemdikbud serta ikut langkah-langkah sebagai berikut :
  1. Buka situs resmi PIP di https://pip.kemdikbud.go.id
  2. Pilih "Cek Penerima PIP"
  3. Isi NISN (Nomor Induk Siswa Nasional), tanggal lahir, nama Ibu kandung siswa. Untuk NISN, orang tua siswa dapat meminta melalui sekolah atau dari siswa yang bersangkutan
  4. Pilih "Cek Data". Kemudian akan muncul nama siswa, nama sekolah, tempat tinggal, dan bank penyalur
Apabila siswa sudah terdaftar namanya beserta data lengkap di laman PIP Kemdikbud, kemudian melanjutkan ke langkah berikutnya.

Berikut ini panduan langkah cara mudah untuk mendapatkan bantuan Rp 1 juta dari PIP Kemdikbud
  1. Siswa melakukan aktivasi KIP

    Bantuan PIP dari Kemdikbud tersebut akan diberikan kepada mereka yang sudah memiliki KIP, sehingga siswa harus melakukan aktivasi KIP terlebih dahulu. Caranya cuku mudah yaitu dengan cara siswa atau orang tua siswa datang kesekolah masing-masing, kemudian datang ke bagian TU atau bagian yang memiliki tugas untuk mengurusi Dapodik (Data Pokok Pendidikan).

  2. Sekolah akan mencatat informasi KIP untuk Dapodik

    Aktivasi KIP dimulai dari pengisian data siswa siwi ke Dapodik, kemudian sekolah mengisikan informasi siswa kedalam Dapodik sebagai calon penerima manfaat PIP yang akan diajukan ke Kemdikbud.

  3. Kemdikbud melakukan verifikasi data siswa siswi

    Agar KIP dapat aktif, Kemdikbud melakukan verifikasi data sesuai dengan server Dapodik dipusat kemudian menerbitkan SK (Surat Keputusan) penetapan penerima PIP manfaat serta mengirimkan daftar penerima tersebut kepada Bank Penyalur yang ditunjuk.

  4. Dinas pendidikan mengirimkan surat pemberitahuan

    Apabila data sudah terverifikasi oleh Kemdikbud, sehingga yang lolos sebagai penerima program manfaat PIP Kemdikbud akan diumumkan secara resmi melalui surat pemberitahuan.

  5. Pencarian dana bantuan PIP oleh siswa

    Kemudian siswa yang sudah terverifikasi mendapatkan bantuan PIP Kemdikbud, dapat melakukan pencairan dana di bank penyalur tersebut. Namun yang harus diperhatikan adalah waktu dan lokasi pengambilan dana bantuan yang sudah diinformasikan oleh sekolah

  6. Orang tua siswa melakukan pengambilan dana bantuan di Bank penyalur
Setelah sudah tahu jadwal dan tempat pencarian dana, kemudian segera cairkan dana tersebut dengan membawa syarat-syarat oleh siswa atau orang tua siswa seperti surat pemberitahuan/daftar penerima manfaat PIP.

Demikianlah informasi yang dapat disampaikan tentang Cek Nama Penerima Bantuan PIP Pemerintah Rp 1 Juta, Bisa Daftar Online Terbaru. Semoga informasi tersebut dapat bermanfaat bagi kita semua. ***
Komentar

Tampilkan

  • Cek Nama Penerima Bantuan PIP Pemerintah Rp 1 Juta, Bisa Daftar Online Terbaru
  • 0

Terkini

Topik Populer