Notification

×
Copyright © Best Viral Premium Blogger Templates

Iklan

Catat Tanggalnya! 4 Januari 2021 Bansos Cair Lagi, Ini Dia Daftar Penerima Bansos

Gudang Mod
Kamis, 31 Desember 2020, 17.33 WIB Last Updated 2020-12-31T12:56:58Z

Catat Tanggalnya! 4 Januari 2021 Bansos Cair Lagi, Ini Dia Daftar Penerima Bansos

GUDANGMODGACOR.COM - Bansos dalam bentuk Bantuan Langsung Tunai (BLT) akan cair kembali pada tanggal 4 Januari 2021, hal tersebut telah dikonfirmasi oleh Menteri Sosial Tri Rismaharini akan tetapi hanya untuk masyarakat golongan ini, berikut daftar penerimanya.

Dengan masih banyaknya masyarakat yang mengeluhkan belum mendapatkan bantuan sosial (Bansos) dari Kementrian Sosial dan beberapa kendala akibat dicopotnya Menteri Sosial terdahulu, Juliari Batubara.

Pemerintah memutuskan untuk memberikan bansos dalam bentuk tunai (BLT) kepada masyarakat di tahun 2021.

Menteri Sosial yang baru saja diangkat, Tri Rismaharini atau Risma menyatakan bantuan sosial (bansos) bagi warga yang terdampak COVID-19 akan mulai disalurkan pada 4 Januari 2021.

Mengenai penyaluran BLT dari Kemensos, Risma mengatakan akan bekerjasama dengan PT POS Indonesia untuk menghindari kecurangan dan tidak tepat sasaran bantuan yang diterima.

"Dengan PT POS mulai disalurkan pada 4 Januari (2021). Kita harap dalam satu minggu bisa selesai di seluruh Indonesia tapi memang ada yang khusus di Papua berbeda," kata Risma dalam konferensi pers di Kantor Presiden Jakarta, Selasa 29 Desember 2020.

Hal ini didukung pula oleh pernyataan Menteri Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy.

Bansos yang tadinya berbentuk sembako untuk masyarakat di wilayah Jabodetabek akan diubah menjadi bantuan tunai.

"Untuk wilayah Jabodetabek yang tahun ini menggunakan skema sembako, bantuan berupa sembako akan diubah menjadi bantuan langsung tunai yang nanti akan diantar oleh tenaga dari PT Pos ke rumah,” kata Muhadjir.

Ia juga menambahkan bagi masyarakat penerima bantuan tidak perlu datang ke kantor pos karena akan dikhawatirkan nanti timbul kerumunan.

Karena itu akan diantar ke masing-masing alamat dengan teknik yang sudah diatur oleh Menteri Sosial.

Sejumlah bantuan yang akan disalurkan antara lain adalah:

1. Bantuan Pangan Non-Tunai (BPNT)

Sebanyak Rp45,1 triliun disiapkan untuk pengganti program sembako yang akan disalurkan kepada 18,8 juta keluarga penerima manfaat (KPM), masing-masing Rp200.000 per bulan untuk Januari sampai dengan Desember.

2. Program Bantuan Sosial Tunai (BST)

Tahun depan, pada 2021 ditargetkan untuk 10 juta orang penerima termasuk di Jabodetabek yang disalurkan oleh PT Pos Indonesia dengan indeks bantuan per bulannya adalah Rp300.000 bagi setiap penerima manfaat pada Januari hingga April 2021.

3. Program Keluarga Harapan (PKH)

Pemerintah menyiapkan Rp28,7 triliun untuk 10 juta KPM selama empat triwulan. Penggunaannya adalah untuk ibu hamil, kemudian anak usia dini, anak sekolah, penyandang disabilitas dan lanjut usia.
Bantuan ini yang ditujukan untuk 10 juta penerima manfaat dengan penyalur bank himbara yang akan diberikan dalam 4 tahap yaitu Januari, April, Juli dan Oktober.

Untuk mengetahui apakah Anda adalah salah satu penerima Bansos BLT dari Kemensos pada 4 Januari 2021, Anda dapat mengeceknya terlebih dahulu di https://dtks.kemensos.go.id, dengan cara:
  1. Buka link https://dtks.kemensos.go.id;
  2. Pilih ID, Anda bisa memilih salah satu identitas yang akan dicek (NIK, ID DTKS atau nomor PBI JK/KIS). Agar mudah, pilih NIK;
  3. Masukkan Nomor Induk Kependudukan (NIK);
  4. Masukkan nama sesuai Kartu Tanda Penduduk (KTP);
  5. Ketik ulang kode Captcha yang sesuai dengan tampilan secara tepat;
  6. Klik kata 'cari' lalu akan muncul data apakah Anda penerima bantuan sosial bansos BST;
Dalam penyaluran Bansos BLT ini, Pemerintah Indonesia menganggarkan dana sebanyak Rp 110 Triliun dalam APBN untuk melanjutkan program bansos di tahun 2021. ***

Source : ANTARA
Komentar

Tampilkan

  • Catat Tanggalnya! 4 Januari 2021 Bansos Cair Lagi, Ini Dia Daftar Penerima Bansos
  • 0

Terkini

Topik Populer