Notification

×
Copyright © Best Viral Premium Blogger Templates

Iklan

6 Panduan Untuk Mendapatkan Bantuan Rp 1 Juta Dari Pemerintah Kemendikbud Untuk Jenjang Pendidikan SD, SMP, SMA

Gudang Mod
Minggu, 20 Desember 2020, 17.49 WIB Last Updated 2020-12-27T02:45:52Z

6 Panduan Untuk Mendapatkan Bantuan Rp 1 Juta Dari Pemerintah Kemendikbud Untuk Jenjang Pendidikan SD, SMP, SMA

GUDANGMODGACOR.COM - Informasi penting untuk orang tua siswa mulai jenjang pendidikan SD, SMP, SMA kini tidak perlu bingung cara untuk mendapatkan bantuan Rp 1 juta program KIP PIP Kemdikbud 2020.

6 Cara untuk mendaftarkan bantuan Rp 1 juta dengan menggunakan PIP dari Kemendikbud bagi jenjang pendidikan SD, SMP, SMA se-Indonesia. PIP merupakan Program Indonesia Pintar yang direalisasikan melalui KIP (Kartu Indonesia Pintar).

Tujuan dari penyaluran dana bantuan PIP yakni untuk dapat membantu pendidikan siswa ditingkat SD, SMP, SMA sehingga dapat digunakan untuk membeli perlengkapan sekolah, seragam, alat tulis, dan masih banyak lagi yang berhubungan dengan Pendidikan karena sehubungan dengan akan masuk semester baru awal tahun 2021 sehingga sangat dibutuhkan untuk membeli perlengkapan sekolah.

Selain itu sebagai salah satu strategi untuk upaya peningkatan taraf kualitas pendidikan di Indonesia. Bantuan PIP tersebut merupakan program kolaborasi dari Kemendikbud dan Kemenag, sehingga yang mendapatkan bantuan tidak hanya siswa dari sekolah umum saja melainkan tingkat sederajat akan mendapatkan bantuan tersebut.

Berikut ini merupakan rincian besaran nilai bantuan dari masing-masing tingkat pendidikan, meliputi :
  1. Siswa siswi SD/MI/Paket A akan mendapatkan bantuan sebesar Rp 450/tahun
  2. Siswa siswi SMP/MTs/Paket B akan mendapatkan bantuan sebesar Rp 750/tahun
  3. Siswa siswi SMA/SMK/MA/Paket C mendapatkan bantuan sebesar Rp 1 juta/tahun
Berikut ini panduan 6 langkah mudah untuk mendapatkan bantuan Rp 1 juta dari PIP Kemdikbud
  1. Siswa melakukan aktivasi KIP

    Bantuan PIP dari Kemdikbud tersebut akan diberikan kepada mereka yang sudah memiliki KIP, sehingga siswa harus melakukan aktivasi KIP terlebih dahulu. Caranya cuku mudah yaitu dengan cara siswa atau orang tua siswa datang kesekolah masing-masing, kemudian datang ke bagian TU atau bagian yang memiliki tugas untuk mengurusi Dapodik (Data Pokok Pendidikan).

  2. Sekolah akan mencatat informasi KIP untuk Dapodik

    Aktivasi KIP dimulai dari pengisian data siswa siwi ke Dapodik, kemudian sekolah mengisikan informasi siswa kedalam Dapodik sebagai calon penerima manfaat PIP yang akan diajukan ke Kemdikbud.

  3. Kemdikbud melakukan verifikasi data siswa siswi

    Agar KIP dapat aktif, Kemdikbud melakukan verifikasi data sesuai dengan server Dapodik dipusat kemudian menerbitkan SK (Surat Keputusan) penetapan penerima PIP manfaat serta mengirimkan daftar penerima tersebut kepada Bank Penyalur yang ditunjuk.

  4. Dinas pendidikan mengirimkan surat pemberitahuan

    Apabila data sudah terverifikasi oleh Kemdikbud, sehingga yang lolos sebagai penerima program manfaat PIP Kemdikbud akan diumumkan secara resmi melalui surat pemberitahuan.

  5. Pencarian dana bantuan PIP oleh siswa

    Kemudian siswa yang sudah terverifikasi mendapatkan bantuan PIP Kemdikbud, dapat melakukan pencairan dana di bank penyalur tersebut. Namun yang harus diperhatikan adalah waktu dan lokasi pengambilan dana bantuan yang sudah diinformasikan oleh sekolah

  6. Orang tua siswa melakukan pengambilan dana bantuan di Bank penyalur
Setelah sudah tahu jadwal dan tempat pencarian dana, kemudian segera cairkan dana tersebut dengan membawa syarat-syarat oleh siswa atau orang tua siswa seperti surat pemberitahuan/daftar penerima manfaat PIP.

Demikianlah informasi yang dapat disampaikan tentang 6 Panduan Untuk Mendapatkan Bantuan Rp 1 Juta Dari Pemerintah Kemendikbud Untuk Jenjang Pendidikan SD, SMP, SMA, semoga informasi tersebut dapat bermanfaat. Jangan lupa beritahu informasi ini kepada teman, sahabat, dan keluarga yang membutuhkan ya. ***
Komentar

Tampilkan

  • 6 Panduan Untuk Mendapatkan Bantuan Rp 1 Juta Dari Pemerintah Kemendikbud Untuk Jenjang Pendidikan SD, SMP, SMA
  • 0

Terkini

Topik Populer