Cara Mudah Mengecilkan Ukuran Video Gratis

Cara Mudah Mengecilkan Ukuran Video Gratis

Cara Mudah Mengecilkan Ukuran Video Gratis

www.gudangmodgacor.com - Video adalah salah satu jenis file dengan ukuran yang cukup besar apabila dibandingkan dengan jenis file lainnya. Ukuran untuk satu video saja dapat berukuran hingga GB (Gigabytes) lebih, tentu saja hal tersebut tergantung dari kualitas dan durasi video. 

Table of Contents

Dengan adanya masalah tersebut, tentu banyak orang yang ingin mencari cara untuk mengecilkan ukuran video secara gratis dan kualitas terbaik full. Seperti yang sudah anda ketahui jika banyak sekali jenis format file video meliputi 3gp, mp4, mkv, flv, dan masih banyak lagi. Semua jenis format memiliki kelemahan dan kelebihan masing-masing sebagai contoh ada video dengan ukuran besar dengan kualitas bagus dan ukuran kecil dengan kualitas yang jelek juga, bahkan ada yang ukuran kecil namun kualitas tetap bagus.

Lalu bagaimana cara agar memiliki video ukuran besar dengan kualitas terbaik? Silahkan simak dengan baik penjelasan dibawah ini ya!    

Penyebab Ukuran Video Besar

Sebelum anda memahami lebih jauh cara untuk mengecilkan ukuran video dengan kualitas terbaik full, anda terlebih dahulu harus mengetahui tentang penyebab yang dapat menentukan kualitas dan ukuran dari suatu video. Karena jika anda tidak mengetahui hal tersebut tentu akan sangat sulit untuk anda dapat mengecilkan ukuran video dengan kualitas terbaik.

Pada umumnya terdapat 4 hal yang dapat dinyatakan sebagai penentuan kualitas dan ukuran video, oleh karena itu akan admin jelaskan kepada anda secara perlahan dan santuy sambil minum kopi.

Pahami dan pelajari dengan seksama sehingga anda dapat mengikuti panduan lebih lanjut tanpa memiliki kendala apapun.

Berikut adalah 4 penyebab yang dapat mempengaruhi ukuran dan kualitas video :

Frame Size & Aspek Ratio

Frame size adalah ukuran dari lebar dan tinggi suatu video dengan satuan pixel, sedangkan untuk aspek ratio adalah perbandingan lebar dan tinggi video tersebut.

Sebagai contoh anda memiliki video dengan ukuran lebar 500 px dan tinggi 350 px, maka frame size dari video tersebut yaitu 500 x 350 sedangkan untuk aspek rationya yaitu 3:2 (pengecilan ukuran) yang merupakan hasil dari perbandingan. Dalam suatu video, frame size sangat menentukan dari ketajaman/jumlah pixel, dengan kata lain frame size tersebut dapat dikatakan sebagai resolusi video.

Sedangkan untuk aspect ratio sendiri yaitu untuk memberikan jaminan video akan tetap proporsional walau diputar pada perangkat yang memiliki ukuran lebar berbeda.

Frame Rate

Pada dasarnya video dapat diartikan sebagai kumpulan gambar yang ditampilkan dengan urut. Frame rate sendiri merupakan banyak gambar ditampilan dalam waktu setiap detik.

Frame rate atau yang dikenal dengan istilah FPS (frame per second) diartikan sebagai banyak jumlah fps semakin banyak maka suatu video akan menjadi semakin halus, jika jumlah fps sedikit maka suati video akan menjadi kasar atau blur.

 Pada umumnya terdapat 5 jenis FPS yang sering digunakan termasuk para youtuber gaming yaitu mulai dari 24, 25, 30, 50, dan 60 fps. Dapat anda nilai sendiri ukuran mana yang lebih baik untuk anda gunakan? Standar pengguanaan untuk di wilayah Asia adalah 25 fps dan untuk di wilayah atau negara Amerika yaitu menggunakan 30 fps, dapat anda sesuaikan dengan kebutuhan.

CODEC

Codec merupakan suatu singkatan dari Codec Decoder atau Compressor Decompressor. Dapat dikatakan codec adalah jantung dari suatu video, karena tanpa adanya codec sangat tidak mungkin video dapat disimpan kedalam sebuah penyimpanan media digital.

Codec tersebut sangat penting dalam menentukan besar dan kecilnya ukuran video file, bit rate, dan kompatibilitasnya dengan berbagai media player. Dengan kata lain codec adalah yang paling hemat dan umum untuk ukurannya adalah H.264 & H.265.

Bit Rate

Bit rate merupakan kecepatan data suatu video yang sedang diputar, hal tersebut tentu sangat menentukan suatu video yang diputar real time. Sebagai contoh, pada saat anda sedang menonton video Youtube tentu saja anda pernah mengalami yang namanya buffering atau loading.

Hal tersebut terjadi karena koneksi internet anda yang lebih rendah dari bit rate video yang sedang anda tonton, sehingga kecepatan internet anda tidak dapat menandingi atau seimbang dengan bit rate yang tinggi.

Sangat mustahil apabila anda ingin menonton video dengan kualitas 4K pada Youtube dengan menggunakan koneksi internet 3G tanpa buffering. Coba buktikan!

Karena semakin tinggi resolusi dari suatu video, maka akan semakin tinggi bit rate video tersebut. Misalnya untuk dapat putar video dengan kualitas 4K, maka harus membutuhkan kecepatan koneksi internet minimal 25 mbps.

Itulah faktor-faktor yang dapat mempengaruhi ukuran dan kualitas video, oleh karena itu berikut cara mudah mengecilkan ukuran video secara online gratis.

Cara Mudah Untuk Mengecilkan Video Online Gratis

Cara untuk mengecilkan video online dengan gratis terbilang cukup mudah. Anda dapat melakukannya melalui browser Goolge Chrome atau Mozilla Firefox, anda dapat menggunakan website tools yang dapat membuat ukuran video menjadi kecil dengan mudah dan tidak menggunakan aplikasi tambahan apapun. Nah untuk mengompres video online, ikuti langkah berikut ini :

1. Buka Website Kompres Video Online Gratis

Cara yang pertama dapat anda lakukan dengan menggunakan website youcompress, seperti yang anda ketahui bahwa website youcompress dapat mengecilkan atau kompres video anda dengan tidak mengurangi kualitas video dan juga dapat dilakukan untuk format video lain. Silahkan kunjungi situs kompres video online gratis dibawah ini ya!

2. Upload Video

Langkah yang kedua yaitu dengan cara upload video yang ingin anda kecilkan ukurannya dengan cara tekan pada kolom yang sudah disediakan, pilih tombol upload file & compress.

3. Waiting Process Completed

Tunggu proses kompres hingga selesai dan muncul teks completed, kemudian silahkan tekan tombol download untuk dapat mengambil hasil kompres video anda. Selesai, kini video anda sudah memiliki ukuran kecil dengan kualitas video terbaik.

Cara Mengecilkan Ukuran Video di PC Laptop

Selain menggunakan cara diatas, anda juga dapat melakukan pengecilan ukuran video dengan menggunakan beberapa aplikasi yang support dengan windows, Mac Os, ataupun Linux. Seperti yang anda ketahui juga terdapat banyak sekali aplikasi yang digunakan untuk compress video dengan kualitas terbaik melalui pc laptop, dan pada kesempatan kali ini kita akan mencoba menggunakan handbrake. Berikut ini adalah langkah mudah mengecilkan video online terbaik gratis!

1. Download & Install Aplikasi Handbrake

Silahkan anda isntall aplikasi Handbrake di PC Laptop anda.

Handbrake Gratis

2. Masukan Video

Apabila sudah terpasang di PC laptop anda, silahkan buka aplikasi dan masukan video yang sudah anda siapkan untuk dikompres dengan cara pilih Source → File.

3. Pengaturan Video

Jika sudah masukan video, kemudian anda dapat melakukan pengaturan seperti tempat folder penyimpanan video, mengatur format video, dan masih banyak lagi.

4. Pengaturan Format Video

Silahkan atur output setting video sesuai dengan keinginan kalian, hal terpenting yang harus anda ketahui adalah setiap pengaturan akan sangat berpengaruh terhadap video yang dihasilkan (anda dapat centang Web Optimized dibagian output setting container Mp4).

5. Video Compress Start

Sebelum memulai untuk kompres video, sebaiknya anda melakukan pengaturan video (tombol video) codec menjadi H.264 (x264).

6. Menunggu Pengompresan Video

Apabila anda sudah melakukan pengaturan video sesuai keinginan dan sudah yakin, anda dapat memulai kompres video dengan cara tekan tombol start encode dan silahkan tunggu hingga proses selesai. Apabila proses kompres video sudah selesai, anda dapat melakukan pengecekan di folder tempat penyimpanan yang sudah anda pilih sebelumnya.

Cara Compress Video Dengan VLC di PC Laptop Gratis

Nah setelah menggunakan website youcompress, selanjutnya langkah yang kedua anda dapat menggunakan aplikasi VCL. VLC merupakan aplikasi multifungsi selain untuk memutar video, fitur dari VLC ini ternyata dapat memperkecil ukuran video dengan kualitas terbaik. Anda dapat mencoba aplikasi tersebut di komputer atau Laptop anda. Berikut ini merupakan cara mudah untuk kompres video di PC Laptop dengan mudah, simak panduanny dengan cermat!

1. Install Aplikasi VLC PC

Cara yang pertama tentu anda harus unduh dan install aplikasi vlc pada PC laptop anda dengan gratis!

VLC kompres Video Gratis

2. Jalankan VLC

Apabila aplikasi VLC sudah terinstall, anda dapat buka aplikasi tersebut kemudian pilih media → Convert/Save.

3. Tambahkan Video Kedalam VLC

Silahkan masuk di menu tab file, pilih add dan kemudian masukan video kedalam kolom yang tersedia.

4. Pengaturan Format & Kualitas Video

Setelah anda memasukan video yang anda ingin kompres, untuk bagian pengaturan anda dapat mengaturnya sesuai dengan kebutuhan anda. Silahkan pada bagian setting, tekan Convert→ profile video -H.264+Mp3 (Mp4) adalah contoh settingan yang dipakai. Kemudian dibagian Destination file, pilih browse → pilih lokasi penyimpanan video anda → tekan start.

5. Proses Sedang Berlangsung & Cek Hasil Video

Proses sedang berjalan, silahkan anda dapat menunggu hasil dari video yang telah dikompres oleh aplikasi VLC. Anda dapat melihat proses kompres pada bagian dekat angka play VLC.

Kompres Video Dengan Freemake di PC

Langkah selanjutnya anda dapat mengecilkan ukuran video dengan menggunakan aplikasi Freemake Video Converter. Aplikasi tersebut dapat mengecilkan video secara otomatis dan manual, untuk cara penggunaannya juga sangat mudah. Anda dapat mengikuti panduan dibawah ini :

1. Download dan Install Freemake

Freemake Video Converter

  • Unduh dan install Freemake Video Converter full gratis
  • Buka dan jalankan aplikasi
  • Tambahkan video yang akan diperkecil ukurannya
  • Pilih format output yang akan dikeluarkan
  • Silahkan atur ukuran video file sesuai dengan keinginan anda
  • Convert video dan tunggu hingga proses selesai
Cara tersebut sangat cocok untuk anda gunakan jika video yang anda perkecil memiliki kualitas yang bagus. Aplikasi tersebut bekerja dan berjalan secara otomatis untuk memperkecil video sesuai dengan kebutuhan anda.

2. Mengatur Resolution Video

Selain memperkecil ukuran video dengan kualitas tinggi 720p dan 4K. Anda juga dapat melakukan pengecilan ukuran dengan resolusi 360p dan 480p, sehingga ukuran video tersebut sangat cocok untuk anda yang menggunakan Smartphone android untuk menonton video. Berikut ini adalah cara mudah mengatur resolusi video :
  • Buka dan jalankan Freemake Video Converter
  • Tambah video yang akan anda perkecil ukuran atau resolusinya
  • Silahkan pilih format edit ouput sesuai dengan kebutuhan
  • Pilih video dengan resolusi sesuai dengan kebutuhan anda
  • Silahkan convert video dan tunggu hingga proses selesai

3. Mengganti Codec di Video

Terdapat banyak jenis code pada video dengan memiliki kualitas yang berbeda-beda. Dengan mengganti codec pada video tersebut, ukuran file dari video tersebut dapat berkurang 2 kalilipat. H.264 merupakan salah satu codec yang paling efisien digunakan, sehingga dengan menggunakan format tersebut sama dengan menyimpan video resolusi HD. Freemake video converter gratis dapat anda gunakan untuk mengubah codec video yang ingin anda kecilkan ukurannya.

4. Setting Frame Rate

Frame rate adalah suatu jumlah dari frame yang muncul setiap detik. Frame rate sendiri sangat bervariasi, mulai dari 24-30 fps hingga 60 fps. Bagi anda yang ingin mengecilkan video, islahkan lakukan dengan menurunkan frame rate video tersebut sebagai contoh video tersebut memiliki frame rate 60 fps sehingga dapat anda turunkan menjadi 30 fps atau 24 fps. Namun dalam pengaturan fps tersebut memiliki kekurangan seperti kehalusan dari video tersebut menurun atau berkurang akan tetapi ukuran video tersebut dapat berubah secara signifikan.

5. Mengganti Bitrate Video

Bitrate memiliki pengaruh dalam memperkecil ukuran video, semakin kecil nilai bitrate maka ukuran video tersebut juga akan semakin kecil begitu juga sebaliknya. Apabila anda ingin mengecilkan ukuran video, anda dapat melakukannya dengan mengurangi bitrate dari video tersebut. Yang harus kalian perhatikan adalah tidak boleh mengurangi bitrate terlalu rendah karena dapat menyebabkan kualitas video menjadi buruk, sehingga Gudang Mod Gacor menyarankan untuk mengubah nilai bitrate antara 1400-2000 kbps.

Cara Mudah Kompres Ukuran File Video di Android

Anda dapat melakukan pengecilan ukuran video dengan menggunakan smartphone android. Namun untuk melakukan pengecilan ukuran video tersebut harus dilakukan menggunakan aplikasi tambahan. Berikut adalah cara mudah untuk mengecilkan ukuran video Andorid gratis.

1. Download dan Install Aplikasi

Silahkan unduh dan install aplikasi pengecil ukuran video Android berikut ini :

2. Jalankan Aplikasi

Apabila anda sudah menginstall vidcompact pada android anda, silahkan buka dan jalankan aplikasi tersebut.

3. Input Video

Silahkan pilih Trim & Compress untuk melanjutkan pengecilan ukuran video tanpa mengurangi kualitas dari video.

4. Mengatur Resolusi Video

Setelah anda memilih trim dan compress, selanjutnya anda akan masuk pada bagian compress video. Silahkan atur resolusi video sesuai dengan kebutuhan anda dan pilih icon yang terletak di pojok kanan atas.

5. Save Video

Simpan video kedalam gallery dan tunggu proses pengecilan video selesai. Lama sebentarnya waktu kompres tergantung dari ukuran, waktu, dan kualitas video.

Cara mudah yang dilakukan pada setiap aplikasi sangat berbeda-beda hasilnya. Rekomendasi aplikasi pengecil ukuran video yang cocok adalah handbrake karena memiliki fitur lengkap dan sangat cocok untuk kompres video.

Demikianlah informasi yang dapat disampaikan tentang Cara Mudah Mengecilkan Ukuran Video Gratis. Apabila informasi ini sangat bermanfaat, anda dapat membagikannya kepada teman, saudara, dan keluarga kalian.

post written by:

Related Posts

0 Comments: