6 Cara Mudah Untuk Cek Elektronik KTP Secara Online

6 Cara Mudah Untuk Cek E-KTP Secara Online Dengan Mudah

gudangmodgacor.com - Di era modernisasi ini berbagai macam aktivitas sudah dilakukan secara elektronik atau online, bahkan salah satu contoh adalah KTP (Kartu Tanda Penduduk) sudah menggunakan E-KTP (Elektronik KTP) atau Kartu Tanda Penduduk Elektronik.


E-KTP merupakan sebuah kartu penduduk baru yang sudah dikeluarkan oleh pemerintah dan dilindungi dengan sistem informasi akurat, aman, tertib administrasi karena langsung terhubung dengan database kependudukan di Kementrian Dalam Negara Pusat (Kemendagri Pusat).

Seluruh penduduk Indonesia masing-masing hanya boleh memiliki 1 (satu) E-KTP yang tercantum pada NIK (Nomor Induk Kependudukan). Hal tersebut akan tetap berlaku meskipun masyarakat itu selalu berpindah-pindah tempat tinggal atau memiliki alamat rumah lebih dari satu.

Agar anda lebih memahami tentang E-KTP tersebut, berikut ini admin akan memberikan beberapa penjelasan tentang sistem kerja dari E-KTP serta tujuan dari pengaplikasian E-KTP tersebut.

 

TUJUAN PENGAPLIKASIANNYA & SISTEM KERJA E-KTP

Kartu Identitas pada E-KTP menggunakan biometrik yang artinya merupakan sebuah sistem verifikasi dan validasi sistem melalui pengenalan karakteristik fisik maupun tingkah laku manusia.

Berbagai macam teknik atau cara pengamanan menggunakan cara tersebut, akan tetapi yang digunakan dalam e-ktp Negara Indonesia yaitu dengan menggunakan sidik jari.

Sidik jari yang sudah terekam didalam e-ktp merupakan semua jaringan tangan akan tetapi yang masuk kedalam sistem chip sendiri hanyalah 2 (dua) jari saja yakni ibu jari dan jari telunjuk.

Menggunakan sistem keamanan autentifikasi sidik jari memiliki alasan tersendiri yaitu biaya yang relatif murah, lebih ekonomis dibandingkan dengan biometrik yang lain. Selain itu juga bentuknya dapat dijaga serta unik karena setiap orang memiliki karakteristik sidik jari yang berbeda walaupun orang tersebut merupakan anak kembar.

Tentu saja masyarakat seluruh Indonesia sudah banyak yang memiliki e-ktp, akan tetapi banyak orang juga yang belum mengerti apa arti dari E-ktp, apakah e-ktp mereka itu benar-benar asli atau palsu? Oleh karena itu sangat perlu dilakukan sebuah pengecekan.

Dengan adanya teknologi canggih yang semakin berkembang dan maju pesat seperti saat ini, anda dapat merasakan kemudahan dalam melakukan segala sesuatu seperti contoh yaitu melakukan pengecekan atau pemastian apakah NIK yang ada didalam e-ktp anda asli atau palsu. Sehingga sekarang ini anda akan lebih mudah untuk mengetahui apakah NIK yang sudah tersimpan dalam database kependudukan Indonesia ada atau belum.

 

Cara Mudah Cek KTP Online

Berikut ini admin Gudang Mod Gacor akan memberikan beberapa informasi tentang cara cek KTP online dengan mudah dan cepat. Simak ulasannya dibawah ini dengan baik.

1. Melalui Website

Hal pertama yang paling mudah untuk dilakukan oleh kebanyakan masyarakat cara untuk melakukan cek ktp yaitu melalui situs website resmi dari Pemerintah daerah atau dinas yang berhubungan seperti Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) tingkat kabupaten/kota tempat anda mengurus ktp. Untuk mencari website resminya akan admin berikat contoh sebagai berikut :

"Ketikan kata kunci di keyword Dukcapil Kota/Kabupaten" 

Contoh : Dukcapil Kota Semarang : http://www.dispendukcapil.semarangkota.go.id/ (yang muncul adalah situs resmi dari pemerintah kota semarang).

Caranya pun cukup mudah untuk melakukan pengecekan NIK, langkah pertama silahkan buka halaman website resmi Didukcapil di daerah anda tinggal kemudian silahkan masukan nomor NIK yang tertera pada e-ktp di kolom yang tersedia.

Silahkan klik tombol "cek" dan tunggu beberapa menit sampai data pribadi dari e-ktp anda muncul. Jika tetap tidak muncul, maka NIK anda belum terdaftar pada sistem e-ktp yang ada atau bisa saja terjadi kesalahan teknis.

2. Menggunakan Card Reader e-KTP

Selain melakukan pengecekan melalui website resmi yang terkait, anda juga dapat cek e-KTP menggunakan Card Reader e-KTP sehingga anda dapat mengetahui apakah KTP anda asli atau palsu.

Fungsi dari alat Card Reader tersebut dalam membaca Chip yang terdapat didalam e-ktp anda dengan cepat sehingga prosesnya sangat mudah sekali dilakukan.

Namun selain itu Card Reader ini juga memiliki kekurangan yaitu keterbatasan alat dan hanya dapat ditemukan serta digunakan di Kantor Disdukcapil. Oleh karena itu jika anda ingin melakukan cara yang kedua silahkan datang langsung ke Kantor Disdukcapil.

3. Menggunakan Aplikasi Cek KTP IDE dan NIK Online

Cara yang selanjutnya yaitu terbilang sangat praktis karena anda dapat melakukan pengecekan e-KTP melalui Handphone Android anda. Untuk langkah yang pertama yaitu silahkan download dan install aplikasi cek KTP melalui google playstore maupun appstore.

Setelah anda melakukan penginstallan, anda dapat melakukan pengecekan NIK e-KTP anda asli atau tidak dengan memasukan NIK anda kemudian silahkan tunggu untuk beberapa menit hinggal hasil pencarian identitas anda keluar.

4. Melalui Media Sosial Twitter dan Facebook

Cara yang keempat anda dapat menggunakan media sosial seperti Facebook dan Twitter untuk melakukan pengecekan e-KTP. Caranya anda hanya harus mengetahui akun resmi Disdukcapil.

Jika sudah menemukan silahkan anda dapat mengirimkan data pribadi anda kepada akun resmi tersebut melalui private chat messenger atau direct message agar keamanan lebih terjaga.

Hal yang harus anda perhatikan yaitu memastikan akun resmi Disdukcapil, karena jika anda sampai salah mengirimkan data bisa berbahaya dan dapat disalahgunakan oleh orang tidak bertanggung jawab.

5. Menggunakan Chat Whatsapp

Jika cara menggunakan media sosial masih meragukan anda dan kurang sesuai dengan keinginan anda. Anda dapat menggunakan Chat WA atau melalui SMS sehingga hanya anda perlu mengirimkan segala sesuatu melalui chat WA atau SMS.

Cara ini juga terbilang sangat mudah dengan cara mengirimkan NIK, Nama Lengkap, Nomor KK, nomor telepon, serta isi pesang yang akan anda kirim kepada pihak terkait (pastikan anda sudah mengetahui orang tersebut ya)

6. Menggunakan E-mail

Cara yang keenam juga terbilang sangat praktis dan mudah yaitu dengan menggunakan layanan email uamg dikirimkan kepada Disdukcapil.

Apabila anda menggunakan cara tersebut, maka anda harus benar-benar sabar karena proses tersebut cukup memakan waktu atau terbilang lama dibandingkan dengan 5 cara diatas.

E-mail yang anda kirimkan akan diproses paling cepat 1x24 jam, sehingga kamu perlu menunggu selama 1 hari untuk dapat cek e-KTP online.

Sebenarnya untuk melakukan pengecekan KTP sudah dapat diakses secara online. Anda dapat menggunakan salah satu dari 6 cara yang sudah admin jelaskan kepada kalian, silahkan paling yang paling mudah untuk anda.

Demikian informasi yang dapat disampaikan tentang Cara Cek KTP Secara Online melalui Android dengan mudah dan praktis.

NIK memiliki fungsi yang sangat penting untuk kehidupan kita di Indonesia karena menandakan sebagai identitas bahwa kita merupakan Warga Negara Indonesia. NIK juga dapat digunakan untuk pembuatan passport, SIM, NPWP, dan masih banyak lagi yang lain.

Apabila informasi ini sangat bermanfaat bagi anda, anda dapat membagikan informasi tersebut kepada kerabat dekat anda, saudara, keluarga yang sedang membutuhkan informasi ini.

Jika Anda merasa bahwa artikel dari situs ini sangat bermanfaat dan berguna, Anda dapat memberikan dukungan kepada kami dengan donasi melalui Bank atau dengan Pulsa Dana hasil dari donasi akan digunakan untuk memperpanjang domain gudangmodgacor.com - Terima kasih. Jika terdapat link error, anda dapat menghubungi kami di Hubungi Kami dengan menyertakan alamat link yang error agar segera diperbaiki. Salam

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel