15 Cara Mudah Untuk Mengatasi HP Android Lemot

15 Cara Mudah Untuk Mengatasi HP Android Lemot

www.gudangmodgacor.com - Dalam sebuah handphone atau smartphone android, tentu saja banyak aplikasi yang selalu ingin kita install akan tetapi terlalu banyak aplikasi juga dapat menimbulkan Android menjadi lemot,lambat atau lag sehingga membuat kita menjadi jengkel atau marah.

Karena apabila handphone ngelag, atau melambat akan menjadi gangguan bagi pengguna, pada saat digunakan juga tidak terasa nyaman serta dapat menghambat aktivitas pekerjaan.

Apalagi anda adalah orang yang sangat sibuk, tentu hp lemot dapat menganggu banyak pekerjaan anda serta juga dapat membuat anda tidak merasa nyaman ketika anda sedang memainkan sebuah permainan game, mengakses internet atau mungkin pada saat anda ingin selfie hp tiba-tiba macet diam menyebabkan sangat jengkel bukan?

Penyebab android ngelag terdapat beberapa faktor seperti pemaksaan kinerja dalam hal tersebut bisa dibilang isi atau kapasitas ponsel melebihi spesifikasi ponsel tersebut.

Cara Untuk Mengatasi Android Lemot Lag, Macet, dan Hang
Pada kesempatan kali ini admin akan memberikan informasi tentang cara mudah untuk mengatasi HP Android yang lemot/lag. Berikut ini adalah cara mudah untuk memperbaiki Android HP yang lag, simak dengan baik!

1. Hapus Cache Aplikasi

Cache dan history dari aplikasi yang sangat banyak dapat menyebabkan smartphone anda menjadi lemot. Tentu saja hal tersebut dapat menghambat kinerja dari ponsel tersebut seperti untuk penggunaan internet browsing dan main game. Oleh karena itu agar ponsel tidak lemot, silahkan hapus cache dan semua history penggunaan aplikasi atau brower anda sehingga kinerja smartphone anda menjadi lebih baik.

2. Kenali Spesifikasi Smartphone Anda

Anda harus mengenali smartphone yang dimiliki, karena hal tersebut sangat penting. Kenapa sangat penting? Karena spesifikasi tersebut memiliki tujuan untuk memperkenalkan diri kepada para calon pengguna tentang kapasitas dari ponsel tersebut sehingga kita mengetahui penggunaan aplikasi tidak melebihi batas dari kapasitas smartphone yang anda miliki.

3. Hapus Aplikasi dan Game yang Tidak Penting

Setelah kita membahas tentang kapasitas smartphone namun tetap terjadi kelebihan kapasitas seperti install game untuk hiburan dan aplikasi menarik lalinnya. Cara yang lebih mudah untuk membuat kinerja ponsel lebih baik yaitu dengan hapus aplikasi atau game yang tidak begitu penting untuk anda, sehingga anda dapat memberikan ruang untuk kinerja dari ponsel tersebut.

4. Upgrade Sistem Operasi Android

Operation system atau yang disebut sebagai OS juga dapat berpengaruh terhadap kinerja ponsel. Apabila dari beberapa cara sudah diterapkan akan tetapi ponsel masih lemot, silahkan upgrade OS anda ke versi terbaru, bisa saja kinerja ponsel android anda menjadi lebih baik.

5. Factory Reset Smartphone

Cara ini merupakan yang paling ampuh diantara cara yang lain karena  Factory Reset tersebut memiliki fungsi untuk mereset ponsel kembali keadaan saat pertama kali anda membeli ponsel tersebut atau bisa dibilang kembali kebuatan pabrik semula. Namun apabila cara diatas tidak bekerja dengan mulus, anda dapat melakukan cara yang kelima ini. Tapi yang harus anda ingat, silahkan pindah file-file pentung anda karena itu akan menghapus semua data dalam smartphone.

6. Hentikan Aplikasi Berjalan di Android

Anda juga dapat melakukan peningkatan performa dari smartphone android dengan cara matikan aplikasi yang sedang berjalan. Karena dengan begitu dapat menyebabkan ponsel menjadi ringan, meingkatkan kinerja RAM sehingga ponsel anda akan menjadi semakin optimal.

Anda dapat menghentikan aplikasi yang sedang berjalan dengan masuk melalui menu Pengaturan kemudian masuk ke menu Memori/Aplikasi. dan silahkan matikan atau hentikan aplikasi yang sedang berjalan.

7. Tambahkan Kartu Memeri Eksternal di Android

Apabila memori internal android anda sudah penuh karena terdapat beberapa aplikasi dan data penting lainnya, maka hal tersebut menjadi salah satu faktor yang menyebabkan ponsel anda menjadi lag atua lemot. Sehingga anda perlu memberikan tambahan space android anda dengan cara menambahkan kartu memori eksternal pada smartphone android anda.

Jika anda sudah menambahkan kartu memori eksternal, silahkan pindah data anda yang terdapat pada penyimpanan internal ke dalam kartu memori eksternal tersebut. Sepeti contoh anda memindahkan data foto, video, musik dari memori internal ke memori eksternal.

Selain itu anda juga dapat merubah pengaturan penyimpanan file pada suatu aplikasi kedalam memori eksternal secara langsung sebagai contoh merubah penyimpanan video, foto, musik download kedalam memori eksternal secara otomatis.

8. Gunakan Aplikasi Lite & Multifungsi

Jika anda tidak ingin hapus aplikasi yang jarang anda gunakan dan menurut anda aplikasi tersebut masih penting digunakan atau dibutuhkan. Sehingga anda dapat menggunakna dengan aplikasi yang sama dalam versi lite atau lebih ringan. Karena dapat mengurangi penggunaan kapasitas memori, dan selain itu anda juga dapat menggunakna aplikasi multifungsi atau memiliki fungsi yang banyak.

Sebagai contoh yaitu aplikasi facebook yang sudah memiliki versi lite. Sedangkan jika anda lihat aplikasi facebook yang asli memiliki ukuran memori cukup besar dibandingkan dengan ukuran aplikasi facebook yang versi lite.

Sedangkan contoh untuk aplikasi yang memiliki banyak fungsi yaitu pada aplikasi instagram, karena instagram memiliki banyak fitur yang ditawarkan untuk dapat anda rasakan seperti filter foto atau video, sehingga anda tidak perlu lagi untuk memasang aplikasi tambahan untuk edit video dan foto.

9. Kurangi Penggunaan Widget

Widget adalah suatu aplikasi perangkat lunak yang dapat memudahkan para pengguna android untuk dapat melakukan akses suatu aplikasi dengan cepat tanpa harus mencari aplikasinya terlebih dahulu atau istilah lain disebut dengan jalan pintas atau quick view.

Widget tersebut terpasang secara otomatis di hape android dan seperti biasa akan tampil di Home Screen atau layar utama ponsel anda. Seperti contoh adalah widget Jam, Widget, Cuaca, Widget Tanggal, Widget Google Search, dn masih banyak lagi.

Dengan mengurangi penggunaan widget pada layar utama android dapat mengatasi ponsel android anda yang lemot. Oleh karena itu gunakanlah widget yang penting saja, serta jangan terlalu banyak menggunakan widget.

10.  Matikan Update Otomatis Aplikasi

Pada umumnya pengaturan di ponsel android yang anda gunakan akn selalu melakukan update otomatis kepada semua aplikasi jika anda terhubung pada jaringan internet atau WiFi. Oleh karena itu aplikasi yang telah diupdate secara otomatis akan memiliki ukuran file lebih besar dari sebelumnya.

Sehingga menyebabkan banyak memori dan dapat menyebabkan kinerja dari ponsel anda semakin berat. Untuk dapat mengantisipasi masalah tersebut, cara yang dilakukan adalah dengan mematikan fitur update otomatis pada pengaturan ponsel android yang anda gunakan.

11. Gunakan Wallpaper Biasa

Apabila anda sebelumnya menggunakan tema maupun aplikasi launcher, maka anda dapat menghapus aplikasi maupun tema tersebut karena hal tersebut dapat menyebabkan ponsel android yang anda gunakan semakin berat dan lemot.

Apabila anda memiliki smartphone android dengan kapasitas 2 Gb RAM, mungkin hal tersebut bukan menjadi suatu masalah. Akan tetapi jika ponsel anda memiliki kapasitas dibawah tersebut tentu saja hal tersebut dapat menjadi masalah karena ponsel menjadi berat sehingga gunakanlah wallpaper normal biasa saja agar performa android menjadi baik dan optimal.

12. Tidak Usah Menggunakan Antivirus

Banyak yang mengatakan bahwa penyebab dari ponsel menjadi lemot karena terkena virus maupun malware. Sebenarnya jika ponsel anda tidak pernah terkoneksi dengan perangkat lain yang tidak dikenal maka sangat kecil kemungkinan ponsel terinfeksi oleh virus.

Sehingga anda tidak memerlukan aplikasi antivirus tambahan yang justru akan membuat kinerja dan kapasitas ponsel anda menjadi berat dan penuh. Namun biasanya ponsel android tersebut sudah terinstall antivirus bawaan pabrik.

13. Update Software Android

Tentu anda sering menjumpai notifikasi untuk melakukan update software pada ponsel anda namun sering anda abaikan saja. Sebenarnya dengan melakukan update software akan menjadikan kinerja dari ponsel kita mengalami peningkatan.

Karena jika kita melakukan update software, maka semua fitur yang terdapat pada ponsel kita akan menjadi baru dan kinerja ponsel anda akan semakin meningkat. Oleh karea itu tidak ada salahnya jika anda rutin untuk melakukan update software pada saat ada pembaharuan versi telah tersedia.

14. Perhatikan Jumlah Kapasitas Memori

Setiap ponsel android tentu memiliki tipe dan merek serta spesifikasi yang berbeda-beda. Mulai dari kapasitas RAM, kapasitas memori internal dapat mempengaruhi kinerja dari ponsel yang kita gunakan.

Disaat kapasitas memori internal ponsel anda hanya tinggal sedikit ruang saja, dapat menyebabkan ponsel anda menjadi lemot dan berat. Sehingga lebih baik hindari penyimpanan banyak data pada memori internal.

15. Hapus Recent Apps

Bagi anda yang sering untuk melakukan multi tasking pada ponsel android tentu saja anda juga sering menemukan banyak aplikasi yang aktif pada Recent Apps. Banyak dari aplikasi yang berada di Recent Apps tersebut dapat menyebabkan kinerja RAM semakin berat sehingga menyebabkan ponsel menjadi lemot.

Cara mudah untuk mengatasi adnroid lemot yaitu anda dapat cek Recent Apps secara rutin serta hapus semua aplikasi yang sedang berjalan di Recent Apps. Anda juga dapat menggunakan fitur auto kill karena dengan begitu aplikasi anda tidak dapat berjalan pada layar belakang atau background dan menyebabkan kinerja ponsel anda menjadi optimal.

PENYEBAB PONSEL ANDROID LEMOT
Faktor penyebab ponsel android menjadi lemot salah satunya adalah memori internal dan RAM penuh.

BAGAIMANA CARA MENGATASI MEMORI INTERNAL & RAM PENUH?
Untuk mengatasi memori internal dan RAM penuh yaitu dengan cara pindah data dari memori internal ke memori eksternal dan menggunakan aplikasi yang penting saja.

Banyak sekali faktor-faktor yang dapat menyebabkan android anda menjadi lemot sehingga dengan menerapkan beberapa cara mudah diatas maka ponsel android anda dapat bekerja secara optimal dan normal kembali.

Namun tidak semua cara harus anda lakukan semua, anda dapat memilih salah satu cara yang sesuai dengan faktor penyebab ponsel anda lemot dan berat.

Demikianlah informasi yang disampaikan tentang 15 Cara mudah untuk memperbaiki HP Android Lemot, sehingga informasi tersebut dapat membantu mengatasi ponsel android anda lemot.
Jika Anda merasa bahwa artikel dari situs ini sangat bermanfaat dan berguna, Anda dapat memberikan dukungan kepada kami dengan donasi melalui Bank atau dengan Pulsa Dana hasil dari donasi akan digunakan untuk memperpanjang domain gudangmodgacor.com - Terima kasih. Jika terdapat link error, anda dapat menghubungi kami di Hubungi Kami dengan menyertakan alamat link yang error agar segera diperbaiki. Salam

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel