Panduan Cara Pendaftaran CPNS 2019 Lulusan SMA SMK D3 S1

Panduan Cara Pendaftaran CPNS 2019 Lulusan SMA SMK D3 S1

gudangmodgacor.com - sscn.bkn.go.id CPNS SMA D3 S1 2019 terbaru, berikut Panduan maupun Petunjuk Cara Pendaftaran CPNS tahun 2019 untuk Lulusan SMA SMK D3 S1.

Silahkan pahami beberapa petunjuk serta panduan cara pendaftaran online CPNS, pedoman pendaftaran, dan bagaimana cara melakukan pendaftaran CPNS, alur pendaftaran online CPNS 2019, serta Mekanisme cara mendaftar CPNS 2019 2020 lulusan SMA SLTA SMK D3 S1 S2, Pendaftaran online CPNS tahun 2019/2020 untuk lulusan SMA SMK D3 S1.
Pendaftaran Seleksi CPNS Terbaru Terlengkap

Berikut ini adalah petunjuk, panduan, pedoman untuk pendaftaran CPNS secara online lulusan SMA/SLTA/SMK S1 dan S2 sarjana lengkap untuk semua instansi di Pemerintahan.

Ini jadwal pendaftaran CPNS 2019, Formasi CPNS 2019, Lowongan CPNS 2019 terbaru, Pengumuman pendaftaran CPNS 2019 menunggu hasilnya.

Oleh karena itu Cara pendaftaran CPNS online 2019/2020 melalui situs sscn.bkn.go.id, Alur pendaftaran CPNS 2019 hanya dapat dilakukan melalui sscn.bkn.go.id.

KEMENPAN (Kementrian Pendayagunaan Aparatur Negara) telah memberikan pengumuman tentang jumlah atau kebutuhan formasi CPNS 2019 meliputi tahun 2019 akan merekrut sebanyak 100.000 CPNS dan 75.000 PPPK (P3K) sehingga total keseluruhan yaitu 175.000 untuk seluruh Indonesia.

Mengenai informasi seleksi CPNS dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (P3K) perkiraan akan dimulai pada bulan Oktober 2019.

KEMENPAN RB (Kementrian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi) memberikan kabar tentang alur tata cara kemungkinan sepertinya masih sama dengan seleksi CPNS ditahun sebelumnya.

Formasi CPNS 2019 tersebut Pemerintah akan memfokuskan atau mengutamakan untuk merekrut guru dan tenaga kesehatan, bidan, perawat, dokter untuk ditempatkan pada fasilitas kesehatan pemerintah.

Kemudian Pemerintah juga lebih mengutamakan untuk tenaga dibidang Infrastruktur dan Keahlian dibandingkan dengan tenaga administratif untuk mengatasi kekurangan tenaga pada posisi ini.

Selanjutnya untuk lowongan P3K (Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja) tahap II, pemerintah akan memberikan prioritas untuk merekrut para guru honorer yang sudah melewati batas usia untuk mendaftar CPNS tahun ini.

Silahkan anda pelajari tentang alur pendaftaran CPNS 2019 dibawah ini

Panduan Cara Pendaftaran CPNS 2019 Lulusan SMA SMK D3 S1

Mekanisme Cara Pendaftaran CPNS tahun 2017
Semua anak bangsa disetiap lulusan sekolah baik jenjang SMA SLTA SMK D3 S1 bahkan S2 mempunyai idaman atau impian untuk dapat menjadi anggota PNS maupun aparat pemerintah.

Karena dengan menjadi anggota PNS jaminan kehidupan yang dimiliki menjadi lebih baik, selain otu menjadi PNS juga merupakan alasan utama dalam mengejar karir dan meningkatkan finansial hidup anda.

Akan tetapi dalam mendapatkan itu semua tidaklah mudah, karena banyak sekali rintangan dan memiliki banyak persaingan yang akan terjadi.

Oleh karena itu maka harus melakukan persiapan dari awal agar siap untuk menghadapi tes masuk dan pendaftaran CPNS tahun 2019 serta lulus dan menjadi PNS atau Aparatur Pemerintah.

Anda harus mempersiapkan diri seperti mengerjakan latihan soal CPNS, psikotes dan juga latihan fisik agar tidak drop bila perlu.

Sebatas informasi untuk anda, pada saat ini memang belum ada informasi atau pengumuman resmi dari pemerintah tentang penerimaan pendaftaran CPNS tahun 2019. Akan tetapi sudah banyak kabar yang menyebutkan jika pembukaan pendaftaran CPNS tahun 2019 tersebut akan dimulai pada akhir bulan Juli atau awal bulan Agustus dan diharapkan kabar informasi tersebut memang benar adanya.

Catatan : 

Admin kembali menginformasikan bahwa informasi resmi tentang penerimaan pendaftaran CPNS tahun 2019 hanya dari Pemerintah melalui situs resmi di sscn.bkn.go.id.

Admin akan melakukan update segala bentuk informasi yang berhubungan dengan proses penerimaan pendaftaran CPNS tahun 2019.

Pada kesempatan kali ini admin akan memberikan beberapa informasi tentang Panduan Cara Pendaftaran CPNS 2019 Lulusan SMA SMK D3 S1 Lengkap.

Panduan Cara Pendaftaran CPNS 2019 Lulusan SMA SMK D3 S1

Apabila sama seperti di tahun sebelumnya, maka tahapan pendaftaran CPNS 2019 dapat dilihat seperti berikut ini :

1. Lakukan pembuatan akun di portal situs https://sscasn.bkn.go.id
  • Dokumen penting yang harus dipersiapkan
    • * NIK, Nomor KK atau NIK Kepala Keluarga
    • * Gunakan alamat email yang masih aktif serta buat password dan keamanan dalam bentuk pertanyaan
    • * Pasfoto yang akan diupload dengan ukuran minimal 120 Kb dan maksimal 200 Kb
    • * Kemudian cetak kartu informasi akun
2. Setelah melakukan pendaftaran, login ke https://sscasn.bkn.go.id
  • Gunakan NIK dan password yang sudah anda daftarkan
3. Upload Foto Selfie
  • Silahkan foto selfie dengan memperlihatkan KTP asli anda dan kartu Informasi Akun untuk dapat melanjutkan ketahap berikutnya
4. Kelengkapan Biodata
  • Isi Biodata anda secara benar dan asli
5. Pilih Instansi, jenis formasi, dan jabatan yang akan dilamar
  • Para pelamar CPNS hanya bisa memilih 1 instansi, formasi, dan jabatan saja
6. Pengecekan ulang Resume
  • Pastikan jika data yang sudah diisi semua telah benar
  • Pastikan Instansi, formasi, dan jabatan yang anda pilih sudah sesuai
7. Pengiriman Data Pendaftaran
  • Silahkan klik simpan data apabila anda sudah selesai melakukan pengecekan data
  • Data yang sudah dikirim atau diklik simpan data tidak dapat diubah dengan alasan apapun
8. Cetak Kartu Pendaftaran SSCASN
  • Cetak dan simpan dengan baik Kartu pendaftaran SSCASN
  • Kartu Pendaftaran SSCASN 2019 digunakan sebagai bukti bahwa anda telah menyelesaikan proses pendaftaran melalu SSCASN

Panduan Cara Pendaftaran CPNS 2019 Lulusan SMA SMK D3 S1

Berikut ini admin akan menjelaskan secara detail tentang panduan petunjuk cara pendaftaran CPNS tahun 2019, dan apa saja langkah yang harus dilewati?

Pada langkah yang pertama yaitu silahkan buka situs sscasn.bkn.go.id/regristrasi.html untuk dapat melakukan pendaftaran dan memperoleh kartu informasi pendaftaran.

Berkas yang harus anda siapkan adalah E KTP dan KK, karena akan digunakan untuk proses regristrasi dengan cara isi dengan nomor E-KTP anda kemudian dilanjutkan dengan mengisi nomor KK. Jangan lupa untuk mengisi kode Captcha dengan benar agar dapat berlanjut ke proses selanjutnya.

Setelah menekan tombol lanjut, maka anda akan dialihkan ke halaman berikutnya. Masuk kedalam form Identitas, hal ini merupakan tahapan utnuk mengisi biodata apakah sudah sesuai dengan identitas diri anda.

Isi semua data seperti nama tanpa menggunakan gelar yang terdapat di jiasah, tempat lahir (kota atau kabupaten) sesuai dengan yang ada di ijasah, dan e-mail yang masih aktif.

Langkah selanjutnya yaitu membuat password dan melakukan konfirmasi password serta mengisi pertanyaan keamanan 1 dan jawaban, mengisi pertanyaan keamanan 2 dan jawaban.

Hal tersebut dilakukan apabila anda lupa password pada saat melakukan login, fungsinya dari pertanyaan keamanan dapat membantu anda dari masalah lupa password namun lebih baik jika anda simpan dan catat password tersebut serta jangan sampai hilang.

Panduan Cara Pendaftaran CPNS 2019 Lulusan SMA SMK D3 S1 2019/2020

Setelah melakukan langkah diatas, kemudian anda harus mengisi kode Captcha lagi, apabila semua sudah selesai dan dipastikan semuanya benar maka anda dapat melanjutkan untuk menekan atau klik tombol "Daftar".

Pada saat klik tombol "Daftar" maka akan muncul peringatan 'apakah anda yakin untuk entri data pendaftaran?'. Jika anda menekan tombol Yes, maka proses pendaftaran akan segera dilakukan.

Langkah berikutnya yaitu mencetak kartu informasi pendaftaran dengan cara "Cetak Informasi Pendaftaran" yang berisi tentang informasi identitas anda yang sudah diinput pada proses sebelumnya.

Silahkan masuk ke laman pendaftaran dengan cara anda menekan tombol "Lanjut Login Pendaftaran", dengan fungsi agar dapat melanjutkan login menggunakan akun yang sudah didaftarkan sebelumnya.

Kemudian lakukan login dengan menggunakan NIK yang sudah anda daftarkan dan masukan password untuk melanjutkan tahap pendaftaran selanjutnya.

Setelah melakukan login, maka alamat situs akan berubah menjadi sscndaftar,bkn,go,id, dan anda harus melakukan pengisian biodata secara lengkap terlebih dahulu.

Jika informasi data masih kosong, silahkan lakukan pengisian informasi data. Apabila sudah terisi silahkan tekan tombol "simpan". Selanjutnya tekan tombol "OK" pada notifikasi apabila semua data yang anda isi sudah benar dan sudah anda pastikan.

Data yang sudah diisi dan berhasil melakukan pendaftaran, maka selanjutnya yang harus anda lakukan adalah tekan tombol "Daftar" pada menu dibagian atas, kemudian akan dialihkan menuju langkah ke 2 berisi tentang Form Pendaftaran.

Pada tahapan tersebut merupakan tahapan yang digunakan untuk membedakan lulusan SMA SLTA SMK D3 dan S1.

Form pendaftaran tersebut bisa anda pilih berdasarkan 4 jenis formasi meliputi :
  1. Formasi Umum
  2. Formasi Disabilitas Fisik
  3. Formasi Putra Putri Asli Papua
  4. Formasi Lulusan Terbaik
Kriteria Formasi Umum

Kriteria Umum yaitu bagi Anda calon pendaftar CPNS yang tidak memiliki kriteria seperti lulusan Cumlaude, disabilitas, atau putra putri papua dan papua barat sehingga termasuk dalam kriteria umum.

Panduan Cara Pendaftaran CPNS 2019 Lulusan SMA SMK D3 S1 2019/2020


Kriteria Disabilitas

Kriteria Disabilitas ini merupakan salah satu kategori dengan kebutuhan khusus atau dengan catatan mampu melakukan tugas seperti menganalisis, mengetik, menyampaikan pemikiran, dan berpendapat atau berdiskusi.

Pada saat ini pemerintahan melalui Rekruitmen CPNS juga memberdayakan teman-teman kita yang berkebutuhan khusus, sehingga terdapat disabilitas yang dapat menjadi CPNS.

Kriteria Putra Putri Papua

Pada kriteria putra putri Papua tersebut memang khusus diberlakukan bagi Anda yang tinggal diwilayah ujung timur Indonesia.

Pemerintah saat ini memberikan prioritas dalam penerimaan CPNS khusus wilayah Papua dan Papua Barat dengan catatan mereka yang mempunyai pendidikan SD SMP SLTP, dan SMU SLTA di wilayah Papua dan Papua Barat.

Bagi anda yang memiliki darah keturunan asli orang Papua dapat dibuktikan dengan surat keterangan dari kelurahan atau kepala desa.

Kriteria Cumlaude

Kriteria Cumlaude merupakan lulusan diploma atau sarjana terbaik/lulus dengan predikat pujian dari Perguruan Tinggi terakreditasi A maupun unggulan serta program studi terakreditasi A pada saat lulus dengan dibuktikan keterangan lulus Cumlaude dari Ijasah maupun transkip nilai.

Semua Warga Negara Indonesia (WNI) yang memenuhi kriteria tersebut dapat langsung melengkapi persyaratan pendaftaran CPNS.

Sehingga bagi anda yang tidak termasuk dalam 3 kriteria dari atas maka anda tetap dapat melakukan pendaftaran dengan mengikuti jalur umum.

Silahkan anda memilih sesuai dengan instansi yang ada formasi lulusan SMA, kemudian tekan tombol 'PILIH'.

Setelah anda melakukan pemilihan, maka akan ada 2 pesan peringatan yang memberikan konfirmasi tentang jenis formasi yang dipilih beserta Instansinya, sedangkan pada laman berikut berisi form kelengkapan pendaftaran.

Anda dapat melakukan pengisian Pendidikan sesuai dengan yang ada di form, apabila tidak menemukan itu berarti jurusan atau lulusan anda tidak dapat mengikuti CPNS ini.

Namun jika terdapat lulusan sesuai dengan anda, silahkan isi dan dilanjutkan dengan jabatan yang dipilih.

Langkah berikutnya pilih lokasi kerja, nama sekolah, tanggal ijasah, tahun lulus, dan isi kode captcha.

Bagi lulusan mahasiswa silahkan isi Akreditasi Perguruan Tinggi, Akreditasi Program Studi, IPK, dan Nomor Ijasah.

Bagi anda lulusan SMA SLTA SMK silahkan isi nilai ijasah. Jika semuanya sudah diisi, beri tanda ceklist dan klik "DAFTAR" pada form.

Panduan Cara Pendaftaran CPNS 2019 Lulusan SMA SMK D3 S1.

Jika proses pendaftaran sudah dilakukan, maka ditahap selanjutnya anda akan menuju ke laman yang berisi tentang Cetak Pendaftaran.

Pilih tombol hijau Cetak Kartu Pendaftaran.

Apabila masih terdapat file yang kosong pada pdf seperti foto dan lainnya, maka proses pendaftaran belum selesai karena ada beberapa file yang harus di unduh.

Pada menu Riwayat, pilih menu Dokumen kemudian upload semua berkas yang dibutuhkan.

Apabila anda ingin mengakses dokumen, maka anda akan menuju ke halaman berikut dan harus mengupload semua data seperti foto, ijasah, KTP, surat lamaran, surat pernyataan, Transkip nilai.

Untuk ukuran berkas yang diupload harus dibawah 200 Kb, jika melebih 200 Kb anda dapat mengedit hingga ukurannya menjadi kecil. Apabila ukuran terlalu besar, maka anda tidak dapat melakukan upload dokumen. Namun jika dokumen kurang dari 200 Kb, anda dapat mengupload dokumen dan menekan tombol "Upload".

Pada langkah terakhir yaitu jika anda sudah selesai melakukan semua langkah pendaftaran sebelumnya, silahakan kembali di menu Riwayat dan kemudian silahkan cetak Nomor Kartu Peserta serta pastikan memastikan semua data sudah benar dan melakukan pencetakan.

Berikutnya pastikan bahwa anda sudah melengkapi semua berkas yang dibutuhkan untuk pendaftaran sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Apabila sudah dicetak, silahkan anda pastikan kembali persyaratan semua sudah benar dan jangan lupa untuk melakukan Logout demi menjaga keamanan akun serta data anda. 

Proses pendaftaran CPNS selesai, dan anda cukup untuk menunggu panitia seleksi bekerja serta anda dapat menunggu hasil seleksi administrasi agar dapat lanjut ke tahap berikutnya.

Pada saat anda sedang menunggu Hasil Pengumuman Lulus Administrasi CPNS 2019, maka anda dapat mempersiapkan diri dengan belajar dan berdoa agar lulus diterima CPNS 2019.

Panduan Cara Pendaftaran CPNS 2019 Lulusan SMA SMK D3 S1

Demikian informasi yang dapat admin bagikan tentang Panduan Cara Pendaftaran CPNS 2019 Lulusan SMA SMK D3 S1 Hasil Pengumuman Lulus Administrasi CPNS 2019/2020. Semoga informasi ini dapat memberikan wawasan serta memberikan kemudahan untuk anda dalam melakukan pendaftaran CPNS tahun 2019 untuk lulusan SMA SMK SLTA.

Semoga bagi anda para pelamar pendaftaran CPNS 2019/2020 lulus dan diterima menjadi PNS.

Apabila informasi ini sangat bermanfaat, anda dapat membagikan kepada teman serta kerabat terdekat anda. Terima kasih
Jika Anda merasa bahwa artikel dari situs ini sangat bermanfaat dan berguna, Anda dapat memberikan dukungan kepada kami dengan donasi melalui Bank atau dengan Pulsa Dana hasil dari donasi akan digunakan untuk memperpanjang domain gudangmodgacor.com - Terima kasih. Jika terdapat link error, anda dapat menghubungi kami di Hubungi Kami dengan menyertakan alamat link yang error agar segera diperbaiki. Salam

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel