Peringati Hari TBC Sedunia, Yuk Pahami Gejala dan Pencegahan TBC

Peringati Hari TBC Sedunia, Yuk Pahami Gejala dan Pencegahan TBC - Hari ini pada tanggal 24 Maret 2019 merupakan hari TBC Sedunia, setiap tahunnya hari TBC Sedunia ini selalu diperingati tanggal 24 Maret 2019.

Hal tersebut karena menurut data didunia, yang mengidap penyakit di dunia cukup banyak sedangkan untuk di Indonesia sendiri penyakit TBC menduduki peringkat nomor 3 sedunia dalam jumlah penderita TBC yang sudah didata.

Mari kenali TBC?

TBC atau yang disebut dengan tuberculosis merupakan penyakit yang disebabkan oleh bakteri Mycobacterium tuberculosis sehingga orang yang terkena infeksi TBC akan mengalami sakit hingga berujung ke kematian. Berdarsarkan sumber WHO, WHO memperkirakan bahwa kematian lebih banyak ditimbulkan oleh penyakit TBC daripada penyakit malaria maupun HIB AIDS.

Bacteri Mycobacterium tuberculosis ini 88% menyerang bagian paru - paru pada tubuh manusia. Penyakit TBC ini tidak hanya menyerang pada orang dewasa saja melainkan anak - anak juga dapat terinfeksi oleh penyakit ini.

Gejala Penyakit TBC

Seperti yang kita ketahui bahwa gejala TBC ini umumnya adalah batuk jangka panjang disertai dengan dahak dan darah, sesak nafas, nafsu makan berkurang.

Namun gejala atau tanda - tanda yang ditimbulkan antara orang dewasa dengan anak - anak sangat berbeda. Berikut gejala atau tanda - tanda bahwa seseorang terkena infeksi TBC :

Orang Dewasa

  • Batuk berdahak disertai darah selama lebih dari 2 sampai 3 minggu
  • Berat badan yang menurun drastis
  • Nyeri dada dan sesak nafas
  • Demam yang tidak terlalu tinggi
  • Tinggal dengan orang yang mengidap penyakit TBC
Anak - Anak
  • Untuk anak - anak penyakit ini harus bisa dikenali oleh para orang tua yaitu pertumbuhan sang anak yang tidak sesuai dengan usianya dalam arti bentuk tubuh sang anak lebih kecil.
  • Berat badan turun secara drastis selama 2 - 3 bulan
  • Malaise atau yang disebut dengan lesu artinya sang anak akam terlihat tidak bertenaga dalam melakukan aktifitas bahkan anak juga terlihat malas walau diajak bermain
  • Batuk yang semakin parah atau tak kunjung sembuh selama 3 minggu
  • Kondisi demam (hangat) yang berlangsung sangat lama yaitu selama 2 minggu atau lebih dari 2 minggu

Cara Penularan Penyakit TBC

Cara penularan penyakit yang ditimbulkan oleh Bacteri Mycobacterium tuberculosis ini dapat melalui batuk atau bersin yang ditimbulkan oleh penderita TBC, setelah penderita bersin atau batuk (kondisi tidak menggunakan masker) maka bacteri Mycobacterium tuberculosis akan menyebar melalui udara. Yang perlu kita ketahui bahwa percikan dahak itu berukuran sangat kecil hingga ukuran micron, sedangkan didalam dahak tersebut terdapat bacteri dalam jumlah banyak.

Jika seseorang sampai menghirup udara yang mengandung bacteri TBC (pada saat mengobrol dengan penderita TBC) maka orang sehat tersebut terserang penyakit TBC.

Cara Pencegahan Penyakit TBC

Berdasarkan beberapa informasi yang admin rangkum untuk pembaca. Berikut cara pencegahan penyakit TBC yaitu dengan menjaga pola kesehatan kita, karena jika kondisi tubuh sehat maka sekalipun terinfeksi oleh bacteri TBC. Bacteri tersebut tidak akan aktif dan pada akhirnya akan mati dengan sendirinya. Menggunakan masker ketika berbicara dengan penderita TBC.

Cara Pengobatan Penyakit TBC

Nah bagi para penderita yang sudah terserang penyakit TBC harus bersemangat untuk menghancurkan penyakit tersebut dengan cara :
  1. Melakukan pengobatan rutin selama 6 bulan dengan pengawas pemberian obat, hal tersebut dilakukan untuk memastikan bahwa obat yang diminum oleh penderita benar - benar diminum oleh penderita. Sebab jika tidak rutin melakukan pengobatan maka bacteri tersebut akan kebal terhadap obat
  2. Jika TBC menyerang organ luar paru - paru maka butuh waktu 12 bulan untuk melakukan penyembuhan
  3. Jika penderita memiliki penyakit lain seperti DM dan HIV AIDS maka harus segera diobati
Nah begitulah informasi yang dapat admin sampaikan. Selamat hari TBC sedunia. Besar harapan admin agar para penderita TBC cepat sembuh dan sehat seperti semula serta harapannya tidak ada penyakit seperti TBC lagi.
Jika Anda merasa bahwa artikel dari situs ini sangat bermanfaat dan berguna, Anda dapat memberikan dukungan kepada kami dengan donasi melalui Bank atau dengan Pulsa Dana hasil dari donasi akan digunakan untuk memperpanjang domain gudangmodgacor.com - Terima kasih. Jika terdapat link error, anda dapat menghubungi kami di Hubungi Kami dengan menyertakan alamat link yang error agar segera diperbaiki. Salam

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel