Notification

×
Copyright © Best Viral Premium Blogger Templates

Iklan

Gempa Susulan Kota Bitung Belum di Ketahui, Masyarakat Diimbau Untuk Tetap Tenang

Gudang Mod
Senin, 25 Maret 2019, 12.08 WIB Last Updated 2019-03-25T05:08:14Z
Gempa Susulan Kota Bitung Belum di Ketahui, Masyarakat Diimbau Untuk Tetap Tenang - Hasil Analisis yang dilakukan oleh BMKG atau Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika, gempa yang terjadi di wilayah laut bagian timur tepatnya di Kabupaten / Kota Bitung diguncang oleh gempa tektonik dengan kekuatan M = 6,3 SR yang terjadi pada hari Minggu / 24 Maret 2019 pukul 11:37 WIB.

Episenter gempa bumi tersebut terletak di koordinat 1,71 LU (Lintang Utara) dan 126,36 BT (Bujur Timur) yaitu berlokasi di laut yang berjarak 133 km arah timur Kota Bitung Provinsi Sulawesi Utara dengan kedalaman 46 km.

Menurut informasi yang diberikan oleh Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG "Bapak Triyono" dengan melihat lokasi episenter dan hiposenter. Gempa bumi ini terjadi karena adanya deformasi atau penyesaran dalam Lempeng Laut Maluku. Walaupun gempa bumi tersebut tidak cukup kuat dan berpusat di dalam laut sehingga tidak berpotensi tsunami.

Guncangan gempa bumi ini dapat dirasakan di wilayah Mayau IV MMI, Jailolo, Weda, Ternate III MMI, Manado, Tondano, Bitung III - IV MMI, Tahuna, Siau, Tagulandang, Bolaang Uki II - III MMI. Untuk saat ini belum ada laporan mengenai dampak kerusakan yang ditimbulkan oleh gempa bumi tersebut.

Namun hasil monitoring yang dilakukan oleh BMKG hingga pukul 11:47 WIB. Aktivitas gempa bumi susulan atau aftershock belum terlihat atau belum menunjukan tanda - tanda.

Oleh karena itu Bapak Triyono menghimbau kepada masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak bisa dipertanggung
Komentar

Tampilkan

  • Gempa Susulan Kota Bitung Belum di Ketahui, Masyarakat Diimbau Untuk Tetap Tenang
  • 0

Terkini

Topik Populer